PageRank Checker

Laman

Quote

Quote

Dilarang mengcopy isi dari semua blog ini atau menyalahgunakan isi dari blog ini. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Labels List

Quote

Search

Total Tayangan Halaman

Random Post

Recent Posts

BlogRoll

Protected by Copyscape Online Plagiarism Detection
Program Affiliate Indowebmaker

10 karakter Mitos orang introvert

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Sediakan dahulu cemilan dan minuman favorit anda, sambil, kunci pintu dan tutup jendela lalu hayuk langsung saja baca.

Istilah introvert dan extravert pertama kali di populerkan oleh seorang psikolog terkenal dari Swiss yang bernama Carl Gustav Jung (C.G Jung). C.G Jung berpendapat bahwa konsep dan tolak ukur utama untuk melakukan analisa psikologi terhadap seseorang adalah dengan meneliti sifat individual mereka.


Definisi Introvert

“Introvert adalah orang yang berorientasi ke ‘dalam’ diri mereka sendiri (inward thinking). Mereka tertarik pada dunia ide, pemikiran, dan konsep sehingga orang-orang introvert sangat menyukai suasana tenang untuk menyendiri untuk berpikir ataupun beraktivitas. Sumber energi mental mereka berasal dari proses ‘menyendiri’ ini sehingga bagi orang yang tidak mengerti, orang introvert terkadang disalah artikan sebagai pribadi yang anti sosial dan tertutup. Ketika orang introvert bersosialisasi dengan banyak orang, maka ‘stock’ energi mental mereka perlahan-lahan akan berkurang dan ketika itu terjadi, maka mereka akan ‘mengisi ulang’ dirinya dengan menyendiri. Banyak pemikir, seniman atau orang—orang hebat yang merupakan orang introvert. Nama-nama seperti Albert Einstein, Abraham Lincoln, Steven Spielberg, sampai businessman sekelas Bill Gates adalah contoh notable orang-orang introvert yang sukses dalam pekerjaan mereka.
Pada dasarnya, orang introvert juga suka bersosialisasi, namun mereka sudah merasa nyaman jika memiliki 1 atau 2 orang teman dekat karena bagi mereka yang terpenting bukanlah kuantitas teman yang mereka miliki tetapi lebih kepada kualitas atau ‘kedalaman’ hubungan yang mereka bangun. Beda halnya dengan orang ekstrovert, mereka sangat senang bertemu dengan orang-orang baru dan membuat teman sebanyak mungkin karena justru hal inilah yang membuat mereka nyaman.


Dalam dunia kerja, orang introvert lebih cenderung bekerja secara sendiri atau dalam kelompok kecil yang tenang karena bagi mereka cara kerja seperti itu terasa kondusif. Adapun orang ekstrovert, mereka senang bekerja di posisi dimana mereka bisa berinteraksi dengan banyak orang. Tempatkan mereka di lingkungan sepi dan mereka akan merasa pekerjaan itu sangat tidak menyenangkan.”


Perbedaan Introvert dan Ekstrovert:




Kalau diibaratkan,introvert itu danau yang dalam,sedangkan ekstrovert itu lautan yang dangkal.

Mungkin dikarenakan orang introvert hanya 25% dari jumlah manusia didunia,banyak kesalahpahaman dan anggapan yang tidak tepat kepada orang-orang introvert.Berikut 10 anggapan kebanyakan orang yang kurang tepat terhadap seorang introvert:

1.Orang Introvert Tidak Suka Bicara

Tidak benar.Mereka tidak mau bicara,kecuali memang ada yang ingin atau harus dibicarakan.Mereka kurang suka berbasa basi.Coba mulai bicarakan sesuatu yang menarik bagi seorang introvert dan dia bisa bicara berjam-jam.


2.Orang Introvert Pemalu

Menjadi seorang introvert tidak harus jadi pemalu.Mereka tidak takut terhadap orang lain,mereka hanya butuh suatu alasan untuk berbicara/berinteraksi dengan orang lain.Kalau agan mau bicara dengan seorang introvert,bicara saja langsung,tidak usah segan atau basa basi.


3.Introvert Orangnya Kasar

Seperti yang disebut sebelumnya,seorang introvert tidak menganggap perlu suatu basa-basi,dan mereka jarang berbelit-belit dalam berbicara.Introvert lebih suka berbicara jujur dan apa adanya sesuai kenyataan,dan kebanyakan orang tidak suka hal seperti ini,makanya seorang introvert terkadang merasa tidak cocok dengan suatu kelompok atau orang lain.


4.Introvert Tidak Suka Orang Lain

Sebaliknya,mereka sangat menghargai orang yang dianggapnya teman(meski teman yang dimilikinya tidaklah banyak).Mungkin mereka tidak mudah berteman dengan orang lain,tetapi jika agan menjadi teman dari seorang introvert,agan sangat beruntung karena mendapat teman yang setia.Mereka manganggap suatu pertemanan harus seumur hidup.


5.Introvert Tidak Suka Keluar/Ke Tempat Umum

Tidak benar.Seorang introvert hanya tidak suka berlama-lama di ruang publik.Mereka juga cenderung tidak ingin terlibat jika ada permasalahan di tempat umum.Introvert mendapat data dan pengalaman dengan cepat,jadi kalau dia sudah “get it”,dia akan langsung pulang kerumah,dan “memproses” data serta pengalaman yang sudah didapatnya diluar sana.


6.Introvert Suka Menyendiri

Orang introvert sangat merasa nyaman dengan pemikiran mereka sendiri.Mereka suka berpikir,berimajinasi,dan senang memecahkan berbagai masalah dan puzzle.NAMUN mereka akan merasa kesepian jika tidak ada orang lain untuk berbagi pemikiran atau hasil dari pemecahan masalah yang ditemukannya.


7.Introvert Itu Orang Aneh

Orang introvert sebenarnya cenderung individualis.Mereka tidak ikut-ikutan orang lain.Introvert lebih memilih pemikiran,nilai-nilai dan jalan hidup mereka sendiri.Mereka tidak memilih keputusan berdasarkan apa yang populer atau lagi nge-trend.Dengan kata lain seorang introvert itu ANTI MAINSTREAM.


8.Introvert Adalah Orang Yang Dijauhi/Diasingkan

Orang introvert sebenarnya lebih suka bergelut dengan dunia,pemikiran serata batinnya sendiri.Bukan berarti mereka tidak bisa memberi perhatian bagi sekelilingnya,tapi ‘dunianya’ jauh lebih menyenangkan dan lebih bisa mnghargainya


9.Orang Introvert Tidak Tahu Caranya Bersantai Dan Bersenang-senang

Sebenarnya orang introvert lebih suka bersantai dirumah atau di alam bebas ,bukan ditempat umum yang penuh kebisingan.Jika teralu banyak orang-orang yang mengobrol atau kebisingan,mereka akan menjauh.Otak mereka sensitif terhadap neurotransmitter yang disebut Dopamine.


10.Orang Introvert Harus ‘Berubah’ dan Menjadi Ekstrovert

Jika saja dunia ini tidak ada orang introvert,akan sangat sedikit jumlah ilmuwan,musisi,seniman,pujangga,pembuat film,penulis,dan filsuf.Kita tidak bisa memaksa orang introvert mengubah dirinya menjadi ekstrovert.Menurut penelitian,tingkatan ke-introvert seseorang berpengaruh terhadap nilai IQnya




Anda baru saja membaca artikel yang berkategori introvert dengan judul 10 karakter Mitos orang introvert. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://cjmankeren.blogspot.com/2017/01/10-karakter-mitos-orang-introvert.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Jerry - Selasa, 10 Januari 2017
Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk "10 karakter Mitos orang introvert"

Posting Komentar